Learn from experience

BELAJAR.NET-"Life is a journey to be experienced, not a problem to be solved".

Grateful Every Time

BELAJAR.NET-"Do something today that your future self will thank you for".

the Road to Success

BELAJAR.NET-"Work hard in silence. Success be your noise"..

Learning Without Limits

BELAJAR.NET-"Don't stop learning because life doesn't stop teaching"

Focus on What you Want

BELAJAR.NET-"Your time is limited, so don't waste it living someone else's life".

Implementasi Open Journal System (OJS)

Sebelum memulai, pahami dulu sedikit alur proses penerbitan jurnal di OJS melalui gambar dibawah ini
Saya rangkum proses singkat yang biasanya berjalan pada sebuah ejournal adalah sebagai berikut :
  1. Author mendaftar akun dan menyerahkan/mensubmit artikel untuk dipublish
  2. Author dapat memoniitor, proses submit artikelnya, dari mulai file, review, revisi dan resubmit lagi
  3. Editor cek artikel masuk, mereview, bisa juga mengundang/memilih seorang reviewer untuk mereview
  4. Editor menerima hasil rekomendasi dari reviewer, jika ok bisa bisa lanjut, jika  tidak atau ada yang perlu ditambahkan kembalikan lagi ke author untuk di resubmit
  5. Editor melakukan submission editing dari mulai copyedit, format layout galleys, profread
  6. Editor buat issue (istilah mudahnya buat setelan volume jurnal, untuk edisi dan tahunnya), dan mengorganisasi daftar konten
  7. Editor merekam semua proses penerimaan artikel dari artikel masuk sampai artikel layak publish
  8. Jika semua siap maka editor dapat langsung melakukan proses publish dengan memilih issue dan tanggal terbit
  9. Setelah jurnal terpublish, kita dapat mendaftarkannya ke situs pengindex seperti OAI search engines, Google Scholar, Scopus, dsb.

Instalasi
Install OJS di server atau di hosting, untuk sistem minimal yang dibutuhkan :
To run OJS 2.x, your web server will need:
  • PHP 4.2.x or later (including PHP 5.x) with MySQL or PostgreSQL support
  • A database server: MySQL 4.1 or later OR PostgreSQL 8.0 or later
  • UNIX-like OS recommended (such as Linux, FreeBSD, Solaris, Mac OS X, etc.). OJS 2.0.2 and above supports Windows servers (including IIS).
Download versi terakhir dari OJS di https://pkp.sfu.ca/ojs/ojs_download/
1. Ekstrak file-file OJS ke lokasi yang dikehendaki dalam dokumen web direktori.
2. Cek file dan direktori berikut, harus rewritable (Chmod 755) :
– config.inc.php (opsional )
– publik
– cache
– cache/t_cache
– cache/t_config
– cache/t_compile
– cache/_db
3. Arahkan URL langsung ke direktori dimana anda menginstal OJS, otomatis akan diredirect wizard installer OJS
4. Local setting, pilih bahasa English dan bahasa Indonesia
5. File Settings otomatis, dan buat folder files di root direktori instalasi jurnal anda atau sesuaikan
6. Siapkan user password untuk administrator dan user dan nama database dimana OJS akan diinstal
7. Klik Install Open Journal Systems

Mengelola OJS dan contoh Bisnis Prosesnya
1. Sebagai seorang Administrator Journal (Journal manager)
1. Login
Login ke admin, masukkan username dan password,
2. Setting up konfigurasi situs ejournal pertama kali
Atur konfigurasi dari pengaturan situs utama untuk ejournal di Home > User > Site Administration > Site Settings, anda juga bisa mengatur bahasa yang ingin digunakan
3. Buat Jurnal Baru
Buat sebuah jurnal baru di Home > User > Site Administration > Journals > CREATE JOURNAL
4. Setup Jurnal Baru
Sekarang anda punya 1 jurnal baru, disini saya beri nama Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, langkah berikutnya adalah kita setup jurnal tersebut, Home > User Home > Journal Manager > pilih Setup, kita atur dari mulai
– Detail jurnal
– Poliicies / Peraturan jurnal
– Submissions
– Management
– Desain tampilan jurnal (header, logo, dsb)
Anda bisa atur dan isi sesuai kebutuhan pada jurnal anda, ke 5 langkah diatas harus anda setup
5. Tetapkan User Roles
Langkah berikutnya tetapkan User Role atau anda siapkan user untuk kita daftarkan ke masing-masing user level , yaitu
– Journal Managers
– Editors
– Section Editors
– Reviewers
– Authors
– Readers
– Subscription Managers
Caranya pilih Home > User Home > Journal Manager > Users > Create New User,
anda pilih save, dan ulangi langkah diatas untuk membuat user lainnya dan menetapkan rolenya.
sebagai contoh, saya mendaftarkan user admin untuk ke semua previllege role, maka tampilan main admin jurnalnya seperti dibawah
dari situ kita bisa melihat semua statistiknya untuk masing-masing roles, dari mulai jumlah submissions masuk, yang belum ditugaskan, yang sedang di review, yang sedang proses editing, yang terpublish, yang aktif, dll..

2. Sebagai seorang Author
1. Mendaftar ke jurnal, untuk mendapatkan username & password
Buka alamat situs ejournal, pilih jurnal yang diinginkan, klik Register pada menu dibawah jurnal
Akan muncul form isian, isi dengan lengkap, jangan lupa pada bagian Register as, centang sebagai Author, jangan Reader.
2. Submit Artikel
Setelah berhasil anda akan diarahkan ke user home, anda pilih New Submissions, akan muncul jendela baru, ada 5 langkah yang harus anda lalui ketika memulai submit artikel
Step 1, pada bagian start, centang semua pilihan submissions checklist, agar bisa melanjutkan, save anda continue
Step 2, upload submission file anda,
Step 3, masukkan detail meta data, anda diharuskan memasukkan detail author, dan juga judul artikel anda, dan abstraksi artikel.
Step 4, upload supplementary files, (optional)
Step 5, confirmation, anda pilih Finish Submissions
setelah itu anda menuju Active Submissions, disana anda dapat melihat status progress dari submission anda.

3. Sebagai seorang Editor
1. Membuat Volume Jurnal Baru (Issues)
Login sebagai seorang editor, kemudian klik menu User Home > Editor > Create Issue
Pada tab Create Issue masukkan informasi yang diinginkan, berikut gambar cover jurnal apabila ada. Kemudian simpan dengan menekan tombol Save,
Secara otomatis volume jurnal yang baru dibuat akan masuk kedalam list Future Issue, sekarang kita telah memiliki sebuah jurnal, tapi belum dipublish dan masih kosong belum ada isinya.

2. Mengecek, mereview dan mengedit Artikel/Submission
Untuk mengecek artikel/submission yang masuk,  pada Editor Home, pilih menu Unassigned
# Summary
klik pada judul artikel,pada bagian #1 Summary, assign/tugaskan seorang editor, bisa anda menambahkan diri anda sendiri
pada bagian ini jika artikel tidak disetujui, editor bisa mereject dan mengirimkan alasan notifikasi via email kepada author.
# Review
pada bagian ini seorang editor harus memilih seorang reviewer yang telah ditunjuk,
jika pada review oleh reviewer dinilai layak, dan oleh editor dinyatakan oke diterima, editor dapat membuat keputusan pada bagian Editor Decision pilih Accept Submissions, lalu klik Record, untuk merekam keputusan.
# Editing
pada bagian ini seorang editor dapat melakukan proses copyediting, schedulling, layout, proofreading
pada copyediting editor bisa mereview dan mengedit metadata
pada layout editor bisa menambahkan dan mengupload sebuah file galley, biasnya berbentuk pdf, agar bisa diakses dan didownload pada jurnal nantinya
pada scheduling, editor dapat merekam keputusan, kapan jadwal artikel untuk dipublikasikan, pada bagian ini kita coba masukkan ke volume jurnal (issues) yang sebelumnya telah kita buat, yaitu pilih Vol 5, No 2, (2014) dan klik Record untuk merekam keputusan.

3. Mempublish Issues Jurnal
Setelah kita mereview 1 artikel dan menyetujui untuk memasukannya ke dalam issues volume jurnal ” Vol 5, No 2, (2014)”, sekarang kita akan mempublisnya,
Kembali ke menu utama editor, Editor Home > pilih Future Issues > klik pada judul issues yang ingin di publish
Klik Publish Issue
Berhasil dipublish, sekarang kita cek hasilnya di halaman depan website jurnal kita.
Tampilan halaman depan

Tampilan isi volume jurnal (daftar isi jurnal)

Tampilan detail artikel jurnal

Tampilan contoh file Galley format pdf
Dengan mempelajari dan mengerjakan masing-masing tugas dari user roles diatas, kita akan cepat memahami business process dari Open Journal System, tentunya itu juga akan mempermudah kita dalam mengelola dan mengimplementasikannya.
Sebagai tambahan karena banyak yang bertanya, tempat atau web hosting yang bagus untuk bisa menginstall dan menjalankan OJS ini, saya sarankan anda membeli & menyewa paket hosting disini karena sudah terbukti dapat menjalankan OJS dengan lancar dan banyak fitur-fitur unggulan yang ditawarkan pada hostingnya. Termasuk fitur Softaculous, dengan menggunakan Softaculous installer anda dapat dengan mudah menginstall OJS hanya dengan 1, 2x  klik saja. Terakhir semoga artikel tentang OJS diatas dapat bermanfaat. Salam.
Credit : Sumber > https://andykamto.com

Cara Mudah Mendapatkan Domain GRATIS Check this Out

BELAJAR.NET - Hai sahabat Blogger dimana pun anda berada, pasti banyak sahabat bertanya-tanya bagaimana sih Cara Mendapatkan Domain (TLD) Secara Gratis ??

Pasti Bingung Kan ??


Nah Kali ini mimin ingin mengajarkan kepada Pengunjung Semua Bagaimana Cara Mendapatkan Domain secara Gratis. Sebenarnya yang Bersifat kita harus membayar banyak tapi kalau ada yang Gratis Ngapain harus yang berbayar >


Nah Langsung Saja sahabat ikuti Cara dibawah ini :


Pertama Sahabat harus mempunyai Blogspot yang nantinya akan kita Migrasi Ke TLD.



  • Pertama Masuk Ke Alamat Website Frenom : Klik Disini
Berikut tampilannya :




  • Kemudian Teman-Login bagi yang sudah Punya Akun. Bagi yang belum punya silahkan Register bisa Juga Langsung Masukkan Menggunakan Akun Facebook Teman-teman.

Jika suda Berhasil Login Maka Akan Tampil Seperti dibawah ini :




  • Nah di dalam Coloum yang sudah disediakan Silahkan Teman-teman masukkan Nama Domain teman-teman. terserah teman-teman mau masukkan apa saja : 
Jika teman-teman sudah memasukkan Domain teman-teman akan tampil seperti dibawah ini :

  • Nah Jika Nama Domain yang teman-teman masukkan tidak digunakan atau sudah ada yang membuatnya akan muncul sebelah kana Tanda "Get in Now".  
  • Silahkan teman-teman Pilih domain yang tersedia "tk" "ml" "ga" "cf"
  • kemudian teman-teman Klik pada tulisan "Get in Now". tersebut 
Kemudian Akan diminta teman-teman mengisi Formulir data diri teman-teman.

Harap Memasukkan DNS yang diberikan Oleh Freenom ; Contoh : 80.80.80.80
                                                                                                            80.80.81.81

paling ujung Terlihat masa lamanya Domain Free. silahkan pilih yang 12 Bulan. Biar waktunya Lebih Lama :

Dan kemudian Record dan pilih pada Halaman My Domain pada Headbar atas. dan akan tampil seperti ini :



  • Kemudian Klik pada Bagian "Manage Domain" dan akan terlihat seperti ini :
  • Kemudian Klik Pada Manage Frenoom DNS  Untuk Menyetel beberapa Komponen CNAME
Seperti ini tampilannya :


  • Isi pada bagian IP sama seperti diatas : 

Cuma Sampai disini Penjelasan cara mendapatkan Domain Gratis, pada bagian selanjutnya akan mimin ajarkan bagaimana Cara Mengganti dari Blogspot ke domain yang telah kita daftarkan tadi.

Semoga Bermanfaat teman-teman.
Jika Punya Pertanyaan silahkan Komentar dibawah :)

Daftar Adsense Melalui Blogspot

BELAJAR.NET - Sebelumnya teman-teman ubah dulu bahasa Blognya ke dalam Bahasa Inggris, agar Logo "Penghasilan Adsense" terlihat Kemudian Ikuti Cara Berikut :


  • Jika tombol Mendaftar Adsense telah bisa ditekan. Lakukan pendaftaran. Gambarnya seperti dibawah ini. 




  • Ada tiga tahap melakukan pendaftaran Adsense melalui blogspot. Dilangkah pertama Anda akan diberi pilihan menggunakan akun email seperti yang sedang digunakan, atau menggunakan email lain. Silahkan pilih Ya, Gunakan (email Anda). 





  • Tahap kedua, hanya menjabarkan informasi tentang blog Anda. Pilih bahasa yang Anda gunakan di blog Anda, lalu klik Lanjutkan




  • Tahap ketiga dan terakhir adalah formulir permohonan. Isi semua pilihan, mulai Negara atau wilayah, Zona waktu dan Jenis akun (personal atau bisnis). Pilih sesuai pilihan yang ada dan paling sesuai dengan Anda. sementara untuk keterangan pribadi, usahakan isi dengan keterangan Asli, Nama, Alamat, Kota, Provinsi, Kode Pos dan Telepon, setelah itu tekan Kirim Permohonan Saya



Kini formulir Adsense Anda telah dikirim ke Google. Tunggu 1 kali 24 jam atau paling lama 1 minggu untuk mendapatkan jawaban.Terima kasih
loading...

Contoh Permohonan Beasiswa

                                                                                                           









                                                                                                                                                                          Jakarta, 25 Juli 2017
Nomor               : Istimewa                                                                     Kepada Yth
Lampiran          : 1 (satu) Berkas                                                             Bapak Gubernur
Hal                   : Permohonan Bantuan Dana Pendidikan                         c/q  Biro Istimewa/Komisi Beasiswa
                                                                                                            Jakarta
                                                                                                            di-
                                                                                                                        Tempat

Asssalamualaikum   Wr…….Wb….
Dengan hormat,
            Saya yang bertanda tangan dibawah ini :
            Nama                               : ISiswanto
            Nim                                  : 2708595847484949
            Tempat  /TGL Lahir       : jakarta/00000000
            Pekerjaan                         : Mahasiswa
            Fakultas/ Jurusan          : .....................................
Univ / Institute            : ......................................
Alamat                         : ..................................
Alamat Asal                 : ..........................................

Dengan ini mengajukan permohonan kepada Bapak agar sudi kiranya memberikan Bantuan Dana Pendidikan kepada Saya dalam rangka menyelesaikan Pendidikan yang sedang saya tempuh di SESUAIKAN.
Sebagai Bahan Pertimbangan Bapak, turut saya lampirkan sebagai berikut :
1.       Surat Aktif Kuliah
2.       Foto copy Slip SPP
3.       Foto copy KTM
4.       Foto copy KTP
5.       Curriculum Vitae
6.       Surat Keterangan Kurang Mampu Dari Keuchik Gampong
7.       Surat Keterangan Yatim Piatu
8.       Foto copy Rekening Bank  Atas Nama Pribadi
9.       Foto copy Kartu Keluarga Nasional
10.   Foto copy KHS terakhir/ Transkrip nilai ( DiLegalisir )
11.   Pas foto 3 x 4 ( warna) 1 Lembar

Demikianlah surat permohonan ini saya perbuat, besar harapan saya semoga Bapak dapat mengabulkan permohonan saya dan atas perhatian Bapak saya ucapkan terima kasih.


                                                                                          Wassalam
                                                                                             Pemohon





                                                                                      ( SESUAIKAN )
loading...