5 TIPS Mencegah Mendengkur/Ngorok Saat Tidur

Belajar.NET - Siapa yang tidak tau Mendengkur atau Ngorok saat tidur, Pasti teman-teman disini punya sahabat atau pasangan yang mendengkur saat tidur, pasti itu sangat menyebalkan bukan ?? dan pasti sangat mengganggu masa Instirahat anda. Mendengkur merupakan hal biasa yang dilakukan sebagian orang saat tidur. Bagi para pendengkur, kondisi ini mungkin tidak mengganggu tidur Anda, namun mendengkur bisa sangat mengganggu pasangan saat tidur. 


Demi menjaga ketenangan pasangan sekaligus terhindar dari bahaya-bahaya mendengkur, Anda harus segera menanggulangi kebiasaan buruk ini. Tapi sebaiknya hindari obat-obatan yang diklaim bisa mengatasi dengkur karena produk tersebut belum teruji efektif secara medis. Lebih baik tanggulangi dengan cara-cara alami dan mudah seperti berikut ini.

1. Ubah Posisi Tidur
Posisi tidur ternyata menentukan apakah Anda mendengkur atau tidak. Menurut sebuah penelitian, tidur dengan posisi terlentang membuat Anda untuk mendengkur. Hal itu terjadi karena tidur dengan bertumpu pada punggung bisa membuat pangkal lidah dan langit-langit lunak pada mulut menutupi dinding tenggorokan sehingga menyebabkan getaran suara saat tidur. Untuk mengantisipasinya, cobalah tidur dengan posisi menyamping.
Jika Anda sudah terbiasa tidur terlentang, coba taruh bola tenis atau apa pun di kasur yang bisa membuat punggung terasa tidak nyaman ketika dibaringkan. Otomatis, ketidaknyamanan itu bisa membuat Anda untuk tidur menyamping.

2. Tidur Yang Cukup
Kurang tidur atau memiliki jadwal tidur yang buruk bisa memicu Anda untuk mendengkur. Contohnya Anda terlalu sibuk bekerja hingga lupa meluangkan waktu yang cukup untuk tidur. Ketika Anda sudah mencapai titik kelelahan yang sangat parah, kondisi otot-otot akan berubah menjadi tidak tegang sehingga membuat Anda  tidur mendengkur.
Hindari Minuman Keras dan Obat Tidur
Biasanya orang yang belum pernah mendengkur akan segera mendengkur setelah mengonsumsi minuman keras. Menurut penelitian, menenggak minum keras pada empat hingga lima jam sebelum tidur bisa membuat dengkuran makin parah. Jadi sebaiknya hindari mengonsumsi minuman keras sebelum tidur.
Minum obat tidur juga harus dihindari. Memang obat ini bisa membuat Anda terlelap dengan cepat, namun obat tidur bisa membuat otot-otot pada leher menjadi rileks sehingga membuat dengkuran Anda makin parah.

3. Banyak Minum Air Putih
Ketika mengalami dehidrasi, proses pelepasan lendir di hidung dan langit-langit lunak menjadi lengket. Hal itu bisa mendorong Anda untuk mendengkur. Oleh karena itu, perbanyaklah minum air. Bagi wanita, idealnya minumlah air 11 gelas sehari, sementara pria sebanyak 16 gelas.

4. Cuci Hidung Dengan Air Garam
Dengkuran yang disebabkan oleh hidung tersumbat bisa ditangani dengan cara membuka saluran rongga hidung agar tetap terbuka. Sehingga bisa melancarkan peredaran udara.

5. Turunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan bisa menjadi cara untuk mengatasi dengkur. Namun hal ini tidak bisa diberlakukan untuk semua orang karena ada sebagian orang bertubuh kurus yang juga seorang pendengkur.
Cara ini bisa dilakukan jika Anda mulai mendengkur ketika terjadi pertambahan berat badan. Padahal sebelumnya Anda belum pernah mendengkur. Pertambahan berat badan, terutama yang memengaruhi bagian leher, biasanya akan mendorong Anda untuk mendengkur.

0 comments:

Post a Comment