Learn from experience

BELAJAR.NET-"Life is a journey to be experienced, not a problem to be solved".

Grateful Every Time

BELAJAR.NET-"Do something today that your future self will thank you for".

the Road to Success

BELAJAR.NET-"Work hard in silence. Success be your noise"..

Learning Without Limits

BELAJAR.NET-"Don't stop learning because life doesn't stop teaching"

Focus on What you Want

BELAJAR.NET-"Your time is limited, so don't waste it living someone else's life".

Cara Indeksasi Jurnal Pada Google Scholar

BELAJAR.NET - Assalamualaikum. apa kabar sahabat-sahabat Blogger semuanya. pada kesempatan ini saya ingin berbagi ilmu masih seputar OJS Open Journal System. kali ini saya akan berbagi cara membuat Indeksasi Google Scholar tujuan dari indeksasi ini adalah untuk memudahkan para pembaca lain mendapatkan artikel dari jurnal yang kita kelola, dan untuk mengetahui Berapa banyak Orang yang mengutip Artikel yang ada pada pada Jurnal yang kita kelola. tentu itu menjadi kebanggaan Tersendiri bagi pengelola Jurnal terlebih lagi Bagi seorang Penulis. Semakin banyak yang mengutip artikel maka semakin terlihat Kualitas Artikel tersebut.


Nah langkap pertama yang harus lakukan untuk melakukan indeksasi Jurnal adalah:

  • Agar lebih mudah mencari Dimana letak Register/tempat membuat akun Google Scholar anda Bisa Membuka Salah satu jurnal yang telah terindeks Oleh doogle Scholar. contoh seperti pada Gambar Dibawah Ini:


GAMBAR 1.1




Jika sudah mendapatkan jurnal yang sudah terindeks, maka bisa langsung diklik Pada Logo Google Scholar yang nanti akan nge-link menuju halaman Google Scholar. seperti contoh pada Gambar dibawah ini:



GAMBAR 1.2

  • Kemudian pada Sebalah kanan tepatnya dibawah Search terdapat tanda Buat Profil Saya kemudian bisa langsung mengklik pada halaman tersebut.
NOT: Jika Tidak Tampil Halaman Buat Profil Saya berarti anda Telah Login salah satu email yang anda miliki. Nah Sebelumnya LOGOUT dulu agara Halaman Buat Profil Saya itu muncul.
  • Kemudian Anda Akan Diarahkan untuk LOGIN, Upayakan Login menggunakan E-mail Jurnal. 
  • Nah kemudian anda akan diarahkan pada Form Pengisian Data untuk proses awal Indeksasi
  • Contoh Pengisian Pada Gambar Dibawah Ini :


GAMBAR 1.3



Nah pada Form Pengisian Tersebut isikan sesuai dengan apa yang dibutuhkan. pada email Harap menggunakan e-mail lembaga agar dapat diverifikasi. contoh : jurnal@edu.com, jurnal@ar-raniry.ac.id dan lain-lain.

  • Jika Form Pertama sudah terisi Semua Maka langjut Langkah Ke dua yaitu Pengisian Artikel.
  • Artikel secara otomatis akan akan pada Google Scholar kita tinggal Mencari Judul artikel saja untuk kita masukkan kedalam Jurnal yang kita kelola.
  • silahkan cari satu persatu artikel. sampai semua terisi Contoh Pada Gambar 1.1 diatas.
Jika Sudah Selesai Semua nanti pada sebelah kiri kita akan mengetahui Berapa orang yang sudah mengutip Tulisan pada jurnal kita Contoh pada Gambar 1.1.

Nah Selamat Jurnal Anda Sudah Terindeks Google Scholar.

Cukup sekian cara indeksasi Jurnal pada Google Scholar Semoga Artikel Ini bermanfaat.
Jika Anda punya pertanyaan Mohon Koment dibawah ini. Insya Allah saya akan menjawab Satu persatu. 
Good Luck

Download Template Premium Open Journal System OJS

BELAJAR.NET - OJS dikembangkan untuk mengelola lebih dari satu buah jurnal, begitu masuk pertama kali yang ditampilkan adalah daftar jurnal. Login ke halaman administrasi, klik “Site Administrator” untuk mengelola OJS secara keseluruhan. Untuk membuat jurnal klik “Hosted Journal”. Kemudian lakukan “Journal Setup” (user home > journal manager > Setup). Masalahnya, jika OJS hanya untuk sebuah jurnal maka saat pengunjung mengakses domain name jurnal yang muncul adalah daftar jurnal (cuma satu) tidak ke jurnal alamatnya http://nama-domain/index.php/nama-jurnal. Semula terpikir untuk me-redirect melalui cpanel. Tetapi ternyata pada “Hosted Journal” tersedia opsi “Journal Redirect”.

Berbicara tentang Open Jurnal System atau Lebih dikenal Dengan OJS, pasti teman-teman ada yang bertanya-tanya jika melihat tampilan OJS berbeda-beda sedangkan dengan Vesri yang sama. dan teman-teman pengelola bigung mau mendapatkan Template yang bagus untuk Jurnal. Karna memang tidak bisa dipungkiri Tampilan adalah Modal Awal ketertarikan Pengunjung atau pembaca. Jika dari tampilannya tidak menarik kadang untuk melanjutkannya jadi kurang bersemangat. Nah begitulah kira-kira. hehehehhe :)

Nah disini saya mau Share kepada teman-teman yang ingin mendapatkan Template OJS yang Premium. Tampilannya Seperti Sebuah Website Komersil yang Menarik. saya tidak terafiliasi apapun dengan Penyedia Template OJS ini, saya hannya ingin berbgai kepada teman-teman. 

Nah yang perlu teman-teman ingat template ini tidak Gratis tetapi berbayar. dengan harga yang lumayan Mahal. tetapi tidak mahal Jika yang membalinya adalah sebuah Lembaga. Karna mengingat rata-rata OJS berada pada Sebuah Lembaga Perguruan Tinggi (Kampus).

Mengenai Harga teman-teman bisa cek Sendiri Pada Wesitenya INI . disitu dimuat Contoh template nya dan Harganya. Silahkan Kunjungi WEBSITE BERIKUT: TEMPLATE OJS

Mengelola User (Jurnal Manager) Pada OJS

BELAJAR.NET - Di samping mengelola website jurnalnya, Journal Manager juga bertanggung jawab terhadap semua akun user dari jurnalnya. Dari halaman user sebagai Journal Manager, seorang Manajer Jurnal bisa melihat menu 'User' seperti berikut:

'Users Enrolled in this Journal' adalah link untuk melihat semua user yang teregister pada jurnal anda. 


Di sini anda sebagai Manajer Jurnal bisa melakukan beberapa hal, misalnya mengedit sebuah akun, log in atas nama user tersebut untuk melakukan tugas tertentu atau melakukan troubleshooting. Kalau anda mengklik 'Remove' maka user tersebut akan dinonaktifkan dari posisinya yang sekarang tanpa menghapus akunnya. Kalau anda mengklik 'Remove' maka hal ini akan mencegah user yang bersangkutan untuk log in dengan profile mereka yang sekarang.

Perbedaan Artikel Menggunakan Quick Submit dan Proses Elektronik pada OJS


BELAJAR.NET - Dalam aplikasi Open Journal Systems, seorang pengelola jurnal harus mengunggah artikel jurnal ke situs Open Journal Systems-nya dengan dua cara. Kedua cara tersebut menghasilkan artikel yang diunggah untuk dapat tampil pada bagian Archive Open Journal Systems (OJS). Kedua cara tersebut adalah pengunggahan menggunakan fitur Quick Submit pada OJS dan pengunggahan artikel melalui proses elektronik.

Cara yang disebut pertama lebih singkat dan merupakan cara cepat agar artikel dapat ter-display di menu Archive OJS, sedangkan cara yang kedua lebih lama karena melalui proses elektronik yang melibatkan banyak user / role dalam OJS. User / role yang terlibat adalah:

  1. Editors
  2. Section Editors
  3. Layout Editors
  4. Copyeditors
  5. Proofreaders
  6. Reviewers
  7. Authors

Mari kita lihat perbedaan hasil artikel yang diunggah dengan Quick Submit dan proses elektronik.

Unduh Tautan ini untuk Mendapatkan Full Teks : DOWNLOAD


Cara Indeksasi Jurnal Pada Portal Garuda (IPI)




BELAJAR.NET - Selamat bagi para pengelola jurnal di Indonesia, sekarang pengelola berkesempatan untuk mengindeks-kan jurnalnya ke portalgaruda.org (IPI). Sistem indeksisasi IPI yang masih terus dikembangkan oleh Tim ini berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik yang akan banyak memberi keuntungan bagi para pengelola jurnal dan para pengguna referensi ilmiah untuk kepentingan akademis dan riset. Bagi pengelola akan memudahkan promosi jurnal dan memudahkan penyebaran jurnal di seluruh pelosok negeri Indonesia dan juga di luar negeri. Hal ini akan meningkatkan sitasi yang merupakan salah satu tolok ukur utama dalam penilaian kualitas jurnal. Bagi para pengunjung tentu saja akan sangat terbantu dalam kemudahan mencari referensi melalui satu pintu portalgaruda.org dan sekaligus dapat secara langsung mendownload full-text dengan sangat mudah.
Syarat pertama jurnal yang bisa di-index oleh “IPI: Indonesian Publication Index” adalah bahwa terbitan harus terdaftar di negara Indonesia yang ditunjukkan dengan nomor ISSN. Syarat berikutnya adalah bahwa jurnal tersebut sudah pernah terbit minimal satu kali nomor issue dengan minimal jumlah paper adalah 5 artikel. Berikut adalah tahap-tahap pendaftaran jurnal ke IPI:
  1. Pendaftar jurnal baru harus mengisi formulir secara online di http://portalgaruda.org/?ref=about&mod=newsuggest selengkap mungkin.
  2. Jika pengisian form diatas sukses maka pendaftar akan menerima balasan email dari portalgaruda.org berupa konfirmasi bahwa pendaftaran sudah diterima.
  3. Pendaftar menunggu evaluasi dari tim pengelola Portal Garuda IPI untuk menyampaikan keputusannya. Pengelola IPI berhak menerima atau menolak permohonan indeksisasi jurnal yang tidak memenuhi standar yang telah ditentukan.
  4. Sebagai tambahan informasi penting bagi para pengelola, bahwa jurnal yang sudah menggunakan sistem informasi manajemen jurnal secara online khususnya yang sudah mendukung OAI (Open Archive Initiative), sebagai contoh seperti OJS PKP (Open Journal System) menjadi salah satu prioritas bagi kami.
  5. Jika jurnal yang diajukan sudah dinyatakan diterima maka pihak pengelola IPI akan segera memasukkan terbitan jurnal ke dalam database IPI. Bagi yang sudah menggunakan sistem OJS PKP maka pihak IPI akan mengambil data secara semi otomatis, tetapi bagi jurnal yang tidak mendukung OAI maka pihak pengelola harus mengirimkan metadata setiap terbitan kepada pihak pengelola IPI.
Semoga IPI bisa memberikan pelayanan yang baik untuk Anda dan Indonesia.
Salam,

Cara Agar Website Cepat ditemukan di Mesin Pencari

BELAJAR.NET - Salam teman-teman Pembaca semua, kalai ini kita akan membahasa bagaimana Cara agar Website kita atau Blog kita Cepat ditemukan pada Mesin Pencari dalam Hal ini Google. Nah Berikut Berikut adalah langkah umum agar web kita dapat terindex dalam search engine google atau yahoo, pada kategori pencarian yang relefan dengan apa yang kita jual
1. Menentukan Keyword
Sebaiknya berfikirlah lebih dalam dalam menentukan keyword (kata yang membuat Anda mudah ditemukan dalam search engine), gunakanlah alat bantu atas keyword yang Anda pikirkan, coba kunjungi www.wordtracker.com atau web lain sejenius yang dapat menganilisis keyword yang Anda sedang pikirkan.
2. Pilihlah Domain yang relefan
Memilih nama domain memang tidak harus dengan relefan dengan apa yang kita jual, namun sebaiknya cari dan pilihlah domain yang relefan dengan apa yang Anda jual. Bila Anda bertanya mengapa domain yang kami pilih adalah www.jayaweb.com yang tidak relefan dengan produk yang kami jual, itu karena kami memiliki alasan dan tujuan khusus akan hal itu.
3. Menyiapkan content
Bila ingin berhasil dalam memposisikan web kita pada pencarian yang sesuai harapan maka mulailah dari sekarang untuk belajar menulis dan menyenanginya. Sepengetahuan kami masih banyak diantara pemilik web yang enggan atau tidak bisa menulis atau menciptakan sebuah tulisan dengan materi yang relefan dengan apa yang mereka jual. Atau bahkan yang lebih menyedihkan banyak pemilik web yang menyadur data dari web orang lain. Cobalah untuk menulis dan membahas produk Anda. Misalkan produk yang Anda jual adalah roti, cobalah mulai beranikan diri untuk membahasnya, misalnya saja buat tulisan yang berjudul sederhana seperti "Cara Membuat Roti yang Baik" dari ide pikiran Anda sendiri. Kebiasan menulis adalah awal kerberhasilan dari seorang E Marketing.
4. Melakukan Submission (Pendaftaran web kita ke direktori dan search Engine)
Perbedaan mendasar dari Search Engine dan Direktori adalah, Search Engine tidak memerlukan orang khusus untuk memvalidasikan apakah web kita diterima atau tidak setelah didaftarkan, semua itu dilakukan oleh sistem dari search engine, bahkan untuk web tidak didaftarkanpun secara otomatis dapat terindex ke dalam search engine. Meskipun demikian cobalah untuk tetap mendaftarkan web kita. Sedangkan direktori web itu divalidasikan oleh editor dan biasanya mereka langsung memeriksa web kita apakah sesuai dengan form yang kita isikan saat lakukan pendaftaran. Dan ini biasanya jauh lebih rumit daripada kita mendaftarkan web kita ke search engine. Cobalah untuk mendaftarkan web kita di www.dmoz.org. DMOZ mungkin tidak dapat Anda harapkan untuk bisa memberikan link dengan cepat. Mereka menggunakan editor volunteer yang bekerja sesuai dengan waktu senggangnya. Anda bisa melakukan submit ke direktori lain yang sudah cukup terkenal.
Coba gunakan alat bantu yang dapat Anda Download dibawh ini
- Directori Submitter --> http://directorysubmitter.imwishlist.com/download-free-b
- Web CEO --> http://www.webceo.com/download
Atau coba Anda lihat link ini --> http://freewebsubmission.com/
5. Terus tambahkan contents web Anda.
Semakin sering Anda melakukan penambahan contents web atau minimal ada perubahan dalam web kita, search engine akan semakin 'merasa perlu' dan sering melakukan indexing terhadap web kita agar database mereka juga ikut terupdate dan menampilkan pencarian yang paling relefan.
6. Buatlah inbound link secara bertahap
Langkah yang juga tidak kalah pentingnya adalah dengan membuat inbound link ini penting untuk link popularity. Mulai dari yang sederhana, misalnya dengan mendaftarkan web kita pada iklan-iklan baris nasional, hingga mencantumkan web kita pada social bookmark atau web-web besar yang notabene banyak pengunjungnya seperti www.utube.com, komunitas friendster atau yang lain. Coba kunjungi www.directorycritic.com untuk melihat link direktori lengkap dengan informasi pagerank.
7. Lakukan semua dengan konsisten
Setelah melakukan itu semua, usahakan untuk terus konsisten, khususnya dalam hal penambahan contents web dan penambahan inbound link untuk web kita.
8. Untuk website dengan jumlah halaman
Untuk website yang banyak, penggunaan sitemap juga akan mempermudah search engine membaca keseluruhan dari content website Anda. Sitemap ini juga bisa dibuat dengan bantuan tools khusus (www.google.com/webmasters/tools/docs/en/sitemap-generator.html), sehingga Anda tidak perlu repot-repot membuatnya secara manual.
9. Periksa Broken Links
Cobalah kunjungi www.dead-links.com untuk memeriksa apakah ada link dalam web kita yang terputus (Blank)

Implementasi Open Journal System (OJS)

Sebelum memulai, pahami dulu sedikit alur proses penerbitan jurnal di OJS melalui gambar dibawah ini
Saya rangkum proses singkat yang biasanya berjalan pada sebuah ejournal adalah sebagai berikut :
  1. Author mendaftar akun dan menyerahkan/mensubmit artikel untuk dipublish
  2. Author dapat memoniitor, proses submit artikelnya, dari mulai file, review, revisi dan resubmit lagi
  3. Editor cek artikel masuk, mereview, bisa juga mengundang/memilih seorang reviewer untuk mereview
  4. Editor menerima hasil rekomendasi dari reviewer, jika ok bisa bisa lanjut, jika  tidak atau ada yang perlu ditambahkan kembalikan lagi ke author untuk di resubmit
  5. Editor melakukan submission editing dari mulai copyedit, format layout galleys, profread
  6. Editor buat issue (istilah mudahnya buat setelan volume jurnal, untuk edisi dan tahunnya), dan mengorganisasi daftar konten
  7. Editor merekam semua proses penerimaan artikel dari artikel masuk sampai artikel layak publish
  8. Jika semua siap maka editor dapat langsung melakukan proses publish dengan memilih issue dan tanggal terbit
  9. Setelah jurnal terpublish, kita dapat mendaftarkannya ke situs pengindex seperti OAI search engines, Google Scholar, Scopus, dsb.

Instalasi
Install OJS di server atau di hosting, untuk sistem minimal yang dibutuhkan :
To run OJS 2.x, your web server will need:
  • PHP 4.2.x or later (including PHP 5.x) with MySQL or PostgreSQL support
  • A database server: MySQL 4.1 or later OR PostgreSQL 8.0 or later
  • UNIX-like OS recommended (such as Linux, FreeBSD, Solaris, Mac OS X, etc.). OJS 2.0.2 and above supports Windows servers (including IIS).
Download versi terakhir dari OJS di https://pkp.sfu.ca/ojs/ojs_download/
1. Ekstrak file-file OJS ke lokasi yang dikehendaki dalam dokumen web direktori.
2. Cek file dan direktori berikut, harus rewritable (Chmod 755) :
– config.inc.php (opsional )
– publik
– cache
– cache/t_cache
– cache/t_config
– cache/t_compile
– cache/_db
3. Arahkan URL langsung ke direktori dimana anda menginstal OJS, otomatis akan diredirect wizard installer OJS
4. Local setting, pilih bahasa English dan bahasa Indonesia
5. File Settings otomatis, dan buat folder files di root direktori instalasi jurnal anda atau sesuaikan
6. Siapkan user password untuk administrator dan user dan nama database dimana OJS akan diinstal
7. Klik Install Open Journal Systems

Mengelola OJS dan contoh Bisnis Prosesnya
1. Sebagai seorang Administrator Journal (Journal manager)
1. Login
Login ke admin, masukkan username dan password,
2. Setting up konfigurasi situs ejournal pertama kali
Atur konfigurasi dari pengaturan situs utama untuk ejournal di Home > User > Site Administration > Site Settings, anda juga bisa mengatur bahasa yang ingin digunakan
3. Buat Jurnal Baru
Buat sebuah jurnal baru di Home > User > Site Administration > Journals > CREATE JOURNAL
4. Setup Jurnal Baru
Sekarang anda punya 1 jurnal baru, disini saya beri nama Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, langkah berikutnya adalah kita setup jurnal tersebut, Home > User Home > Journal Manager > pilih Setup, kita atur dari mulai
– Detail jurnal
– Poliicies / Peraturan jurnal
– Submissions
– Management
– Desain tampilan jurnal (header, logo, dsb)
Anda bisa atur dan isi sesuai kebutuhan pada jurnal anda, ke 5 langkah diatas harus anda setup
5. Tetapkan User Roles
Langkah berikutnya tetapkan User Role atau anda siapkan user untuk kita daftarkan ke masing-masing user level , yaitu
– Journal Managers
– Editors
– Section Editors
– Reviewers
– Authors
– Readers
– Subscription Managers
Caranya pilih Home > User Home > Journal Manager > Users > Create New User,
anda pilih save, dan ulangi langkah diatas untuk membuat user lainnya dan menetapkan rolenya.
sebagai contoh, saya mendaftarkan user admin untuk ke semua previllege role, maka tampilan main admin jurnalnya seperti dibawah
dari situ kita bisa melihat semua statistiknya untuk masing-masing roles, dari mulai jumlah submissions masuk, yang belum ditugaskan, yang sedang di review, yang sedang proses editing, yang terpublish, yang aktif, dll..

2. Sebagai seorang Author
1. Mendaftar ke jurnal, untuk mendapatkan username & password
Buka alamat situs ejournal, pilih jurnal yang diinginkan, klik Register pada menu dibawah jurnal
Akan muncul form isian, isi dengan lengkap, jangan lupa pada bagian Register as, centang sebagai Author, jangan Reader.
2. Submit Artikel
Setelah berhasil anda akan diarahkan ke user home, anda pilih New Submissions, akan muncul jendela baru, ada 5 langkah yang harus anda lalui ketika memulai submit artikel
Step 1, pada bagian start, centang semua pilihan submissions checklist, agar bisa melanjutkan, save anda continue
Step 2, upload submission file anda,
Step 3, masukkan detail meta data, anda diharuskan memasukkan detail author, dan juga judul artikel anda, dan abstraksi artikel.
Step 4, upload supplementary files, (optional)
Step 5, confirmation, anda pilih Finish Submissions
setelah itu anda menuju Active Submissions, disana anda dapat melihat status progress dari submission anda.

3. Sebagai seorang Editor
1. Membuat Volume Jurnal Baru (Issues)
Login sebagai seorang editor, kemudian klik menu User Home > Editor > Create Issue
Pada tab Create Issue masukkan informasi yang diinginkan, berikut gambar cover jurnal apabila ada. Kemudian simpan dengan menekan tombol Save,
Secara otomatis volume jurnal yang baru dibuat akan masuk kedalam list Future Issue, sekarang kita telah memiliki sebuah jurnal, tapi belum dipublish dan masih kosong belum ada isinya.

2. Mengecek, mereview dan mengedit Artikel/Submission
Untuk mengecek artikel/submission yang masuk,  pada Editor Home, pilih menu Unassigned
# Summary
klik pada judul artikel,pada bagian #1 Summary, assign/tugaskan seorang editor, bisa anda menambahkan diri anda sendiri
pada bagian ini jika artikel tidak disetujui, editor bisa mereject dan mengirimkan alasan notifikasi via email kepada author.
# Review
pada bagian ini seorang editor harus memilih seorang reviewer yang telah ditunjuk,
jika pada review oleh reviewer dinilai layak, dan oleh editor dinyatakan oke diterima, editor dapat membuat keputusan pada bagian Editor Decision pilih Accept Submissions, lalu klik Record, untuk merekam keputusan.
# Editing
pada bagian ini seorang editor dapat melakukan proses copyediting, schedulling, layout, proofreading
pada copyediting editor bisa mereview dan mengedit metadata
pada layout editor bisa menambahkan dan mengupload sebuah file galley, biasnya berbentuk pdf, agar bisa diakses dan didownload pada jurnal nantinya
pada scheduling, editor dapat merekam keputusan, kapan jadwal artikel untuk dipublikasikan, pada bagian ini kita coba masukkan ke volume jurnal (issues) yang sebelumnya telah kita buat, yaitu pilih Vol 5, No 2, (2014) dan klik Record untuk merekam keputusan.

3. Mempublish Issues Jurnal
Setelah kita mereview 1 artikel dan menyetujui untuk memasukannya ke dalam issues volume jurnal ” Vol 5, No 2, (2014)”, sekarang kita akan mempublisnya,
Kembali ke menu utama editor, Editor Home > pilih Future Issues > klik pada judul issues yang ingin di publish
Klik Publish Issue
Berhasil dipublish, sekarang kita cek hasilnya di halaman depan website jurnal kita.
Tampilan halaman depan

Tampilan isi volume jurnal (daftar isi jurnal)

Tampilan detail artikel jurnal

Tampilan contoh file Galley format pdf
Dengan mempelajari dan mengerjakan masing-masing tugas dari user roles diatas, kita akan cepat memahami business process dari Open Journal System, tentunya itu juga akan mempermudah kita dalam mengelola dan mengimplementasikannya.
Sebagai tambahan karena banyak yang bertanya, tempat atau web hosting yang bagus untuk bisa menginstall dan menjalankan OJS ini, saya sarankan anda membeli & menyewa paket hosting disini karena sudah terbukti dapat menjalankan OJS dengan lancar dan banyak fitur-fitur unggulan yang ditawarkan pada hostingnya. Termasuk fitur Softaculous, dengan menggunakan Softaculous installer anda dapat dengan mudah menginstall OJS hanya dengan 1, 2x  klik saja. Terakhir semoga artikel tentang OJS diatas dapat bermanfaat. Salam.
Credit : Sumber > https://andykamto.com